Makanan bergizi

A. Makanan Bergizi
Pola makan yang bermasalah dapat menyebabkan penyakit. Untuk mencegahnya, dibutuhkan menu yang sehat.
1. Menu Seimbang
Indonesia memiliki slogan untuk susunan makanan sehat, bergizi, dan seimbang, yaitu Empat Sehat Lima Sempurna. Hidangannya berupa nasi, sayur, lauk, dan buah telah mengandung zat yang dibutuhkan tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral,dan air. Untuk menyempurnakan hidangan, ditambah dengan susu untuk memenuhi Lima Sempurna.

a. Nasi
Nasi berasal dari padi dan merupakan bahan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia. Sumber karbohidrat pengganti nasi, misalnya sorgum, ubi, jagung, sagu, singkong, kentang, talas, gandum, dan garut.
b. Sayur
Bahan sayur antara lain kol, wortel, sawi, tomat, kangkung, daun singkong, kapri, kara, buncis, labu kuning, kacang panjang, daun pepaya, dan nangka muda.
c. Lauk
Contoh lauk pauk antara lain, tempe goreng, tahu bacem, telur rebus, telur bacem, telur dadar, rolade ayam, telur balado, bakso sapi, tahu bacem, pepes gurami, dll.
d. Buah
Yang termasuk buah-buahan adalah mangga, sawo, apel, durian, belimbing, rambutan, manggis, semangka, dsb. Banyak mengonsumsi buah dapat...



memudahkan buang air besar dan mengencangkan kulit.
e. Susu
Di dalam susu terkandung banyak zat, terutama lemak, vitamin, protein, dan kalsium.
Air Susu Ibu (ASI) sangat penting bagi bayi karena selain zat-zat yang terkandung di dalamnya, juga untuk menjalin hubungan kejiwaan antara ibu dan bayinya. Ibu yang menyusui bayinya juga memperoleh keuntungan, sbb.

1.) Menjarangkan kehamilan
2.) Mempercepat pulihnya rahim
3.) Terhindar dari kemungkinan timbulnya kanker payudara
4.) Isapan bayi saat menyusu akan mendorong otot rahim untuk tetap berkontraksi sehingga dapat mencegah pendarahan setelah melahirkan

2. Tujuh Kelompok Bahan Pokok Makanan

Tujuh kelompok bahan pokok makanan berdasarkan pola makan orang Indonesia adalah, sbb.

a. Kelompok bahan makanan asal susu sebagai sumber makanan yang lengkap karena mengandung karbohidrat, protein, lemak , mineral, terutama kalsium dan fosfor, serta terutama vitamin A, B1, dan B2. Contoh produk susu adalah susu, keju, dan yoghurt.
b. Kelompok daging sebagai sumber protein hewani, misalnya misalnya ikan, unggas, telur, dan daging ternak.
c. Kelompok beras sebagai sumber karbohidrat dan vitamin B. Misalnya padi, jagung, sgu, gandum, tepung tapioka, tepung maizena dari jagung.
d. Kelompok minyak sebagai sumbet zat lamak dan vitamin A. Misalnya margarin yang terbuat dari minyak tumbuhan seperti kelapa, kelapa sawit, minyak kedelai, minyak biji kapas, biji bunga matahari, kacang tanah, dan mentega yang terbuat dari lemak susu.
e. Kelompok sayur-sayuran hijau dan kuning sebagai sumber vitamin A, kalsium, zat besi, serta vitamin dan mineral lainnya.
f. Kelompok buah-buahan bewarna dan berair sebagai sumber vitamin a dan mineral.
g. Kelompok kacang-kacangan sebagai sumber protein nabati, sumber vit. A, dan mineral. Misal taoge,m tempe, tauco, kecap, dan susu kedelai.
Penggolongan pangan menurut FAO (Food Agriculture Organization) dikenal sebagai Desirable Dietary Pattern (PPH = Pola Pangan Harapan) ada 9 macam, yaitu :
• Padi-padian
• Umbi-umbian
• Sayur dan buah-buahan
• Bumbu (rempah-rempah)
• Gula
• Pangan hewani
• Minyak dan lemak
• Buah atau biji berminyak, dan kacang-kacangan.

3. Nilai Gizi dan Kriteria Makanan Bermutu

Nilai gizi suatu makanan ditentukan berdasarkan kandungan protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan serat nabati.
Makanan juga harus mudah dicerna, mudah diolah, dan mudah diperoleh.

Kriteria makanan bermutu antara lain, sbb.

1.) Bergizi tinggi
2.) Higienis
3.) Mudah dicerna
4.) Cukup kalori
5.) Berasal dari berbagai jenis bahan makanan
6.) Warna, rasa, dan baunya membangkitkan selera makan.

4. Usaha Perbaikan Gizi

Usaha perbaikan gizi yang diadakan pemerintah, antara lain :

a. Penyuluhan Gizi
Masyarakat diberikan penyuluhan tentang ilmu gizi yaitu ilmu tentang hubungan makanan dan kesehatan. Diadakan melalui organisasi PKK, karang taruna, sekolah, media massa, dan pertunjukan seni budaya. Materi penyuluhan antara lain : cara mengolah dan menghidangkan makanan dengan benar. Contohnya adalah sbb.:

1.) Sayur dicuci dulu baru dipotong-potong.
2.) Menu makan siang berbeda dengan menu makan pagi.
3.) Sayur direbus dengan air secukupnya dan dalam waktu tidak terlalu lama. Setelah air mendidih, baru kemudian dimasukkan dalam wadah tertutup.

2 comments:

OmCan said...

bague eui artikelnya....by the way, boleh nggak tukeran link?...kali aja suka juga dengan blogku yang isinya tentang Pelajaran Sains untuk Anak-anak SD. baru saja aku nulis tentang "agar tak lemas saat puasa". Thx ..

Puguhkris said...

wah makasih banget, dengan ini saya bisa menyelesaikan tugas biologi saya